Pelatihan Design And Product Development

Pelatihan Design And Product Development

Pelatihan Design And Product Development. Product design as a verb is to create a new product to be sold by a business to its customers. Desain produk sebagai kata kerja adalah menciptakan produk baru untuk dijual oleh bisnis kepada pelanggannya. Koefisien yang sangat luas dan generasi serta pengembangan ide yang efektif melalui proses yang mengarah pada produk baru. Dengan demikian, ini merupakan aspek utama dari pengembangan produk baru.

Karena tidak adanya definisi yang diterima secara konsensus yang mencerminkan luasnya topik cukup, dua definisi terpisah, namun saling tergantung, diperlukan: satu yang secara eksplisit mendefinisikan desain produk sehubungan dengan artefak, yang lain yang mendefinisikan proses desain produk dalam hubungannya untuk artefak ini.

Desain produk sebagai kata benda: himpunan properti artefak, terdiri dari sifat-sifat diskrit dari bentuk (yaitu, estetika barang dan / atau layanan berwujud) dan fungsi (yaitu kemampuannya) bersama dengan sifat holistik dari bentuk dan fungsi yang terintegrasi.

Proses desain produk: serangkaian kegiatan strategis dan taktis, dari pembuatan ide hingga komersialisasi, yang digunakan untuk membuat desain produk. Dalam pendekatan sistematis, perancang produk mengonseptualisasikan dan mengevaluasi ide, mengubahnya menjadi penemuan dan produk nyata. Peran perancang produk adalah untuk menggabungkan seni, sains, dan teknologi untuk menciptakan produk baru yang dapat digunakan orang. Peran mereka yang berkembang telah difasilitasi oleh alat-alat digital yang sekarang memungkinkan para desainer untuk melakukan hal-hal yang termasuk berkomunikasi, memvisualisasikan, menganalisis, pemodelan 3D dan benar-benar menghasilkan ide-ide nyata dengan cara yang akan membutuhkan tenaga lebih besar di masa lalu.

Proses desain produk, seperti yang diungkapkan oleh Koberg dan Bagnell, biasanya melibatkan tiga aspek utama:

  1. Analisis
  2. Konsep
  3. Perpaduan

Desain produk kadang-kadang dikacaukan dengan (dan tentu saja tumpang tindih dengan) desain industri, dan baru-baru ini menjadi istilah yang luas termasuk layanan, perangkat lunak, dan desain produk fisik. Desain industri berkaitan dengan membawa bentuk artistik dan kegunaan, biasanya terkait dengan desain kerajinan dan ergonomi, bersama-sama untuk menghasilkan barang secara massal. Aspek lain dari desain produk dan desain industri termasuk desain teknik, terutama ketika masalah fungsionalitas atau utilitas (mis. Pemecahan masalah) menjadi masalah, meskipun batas-batas tersebut tidak selalu jelas.

Ada berbagai proses desain produk, dan banyak fokus pada berbagai aspek. Salah satu contoh formulasi / model proses dijelaskan oleh Don Koberg dan Jim Bagnellin, dalam “Tujuh Tahapan Universal Pemecahan Masalah Kreatif.” Proses ini biasanya diselesaikan oleh sekelompok orang dengan keterampilan dan pelatihan yang berbeda – mis. perancang industri, pakar lapangan (calon pengguna), insinyur (untuk aspek desain teknik), tergantung pada sifat dan jenis produk yang terlibat. Prosesnya sering melibatkan mencari tahu apa yang diperlukan, brainstorming ide-ide yang mungkin, membuat prototip tiruan, dan kemudian menghasilkan produk. Namun, itu bukanlah akhir. Desainer produk masih perlu menjalankan ide, menjadikannya produk yang sebenarnya dan mengevaluasi keberhasilannya (melihat apakah ada perbaikan yang diperlukan).

Proses desain produk telah mengalami lompatan besar dalam evolusi selama beberapa tahun terakhir dengan munculnya dan adopsi pencetakan 3D. Printer 3D ramah konsumen yang baru dapat menghasilkan objek dimensi dan mencetak ke atas dengan bahan seperti plastik yang berlawanan dengan printer tradisional yang menyebarkan tinta ke seluruh halaman.

Dalam menterjemahkan keinginan konsumen menjadi prototype atau sebuah produk, diperlukan kreativitas untuk memenuhi keinginan konsumen tersebut. Pada proses ini melibatkan berbagai aspek, baik teknis, seni maupun ekonomi. Sehingga diperlukan wawasan yang menyeluruh tentang proses pengembangan sebuah produk sehingga proses pengembangan yang dilakukan tepat sasaran. Pelatihan ini akan memberikan pemahaman mengenai konsep pengembangan produk hingga langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk melakukan proses pengembangan produk.

Tujuan Training Design And Product Development

  1. Memahami konsep perancangan produk, kriteria-kriteria sukses dalam perancangan,
  2. Mengidentifikasi keinginan konsumen dengan mempertimbangkan kemampuan perusahaan dalam melakukan product development,
  3. Menentukan prioritas pengembangan produk.

Materi Pelatihan Design And Product Development

  1. Tantangan dan trend pangsa pasar,
  2. Identifikasi kebutuhan konsumen,
  3. Karakteristik perancangan produk,
  4. Konsep perancangan produk,
  5. Manajemen perancangan produk,
  6. Quality Function Deployment (QFD),
  7. Analisis ekonomi pengembangan produk.
  8. Diskusi dan Study Kasus

Peserta Pelatihan Design And Product Development

  1. Staff hingga level Manager dari divisi Sales, Marketing, R&D, Engineering, Produksi dan semua divisi yang terlibat dalam proses pengembangan produk.
  2. Praktisi atau Professional yang ingin memperluas pengetahuan tentang proses perancangan produk.

Jadwal PelatihanLokasi & Investasi
- 2 sd 4 Januari 2019
- 13 sd 15 Februari 2021
- 27 sd 29 Maret 2021
- 17 sd 19 April 2021
- 7 sd 9 Mei 2021
- 12 sd 14 Juni 2021
- 17 sd 19 Juli 2021
- 14 sd 16 Agustus 2021
- 12 sd 14 September 2021
- 16 sd 18 Oktober 2021
- 21 sd 23 November 2021
- 26 sd 28 Desember 2021
- Yogyakarta(6.500.000 IDR / participant)
- Jakarta(6.500.000 IDR / participant)
- Bandung (6.500.000 IDR / participant)
- Bali (7.500.000 IDR / participant)
- Surabaya (6.000.000 IDR / participant)
- Malang (7.000.000 IDR / participant)
- Batam (7.500.000 IDR / participant)
- Lombok(7.500.000 IDR / participant)

Metode PelatihanFasilitas
- Presentasi
- Diskusi
- Case Study
- Simulation
- Evaluation (Pre and Post Test)
- Kunjungan/Praktek (Menyesuaikan/tentative)
- FREE Airport pickup service (Gratis Antar jemput Hotel/Bandara/Stasiun/Terminal)
- FREE TransporsiPeserta ke tempat pelatihan .
- Module atau Handout
- FREE Flashdisk
- Sertifikat
- FREE Bag or bagpackers (Tas Training)
- Training Kit (Dokumentasi photo, Blocknote, ATK, etc)
- 2x Coffe Break & 1 Lunch, Dinner
- FREE Souvenir Exclusive
- Training room full AC and Multimedia

[table “3” not found /]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *