Pelatihan International Communication

Pelatihan International Communication

Pelatihan International Communication. International communication (also referred to as the study of global communication or transnational communication) is the communication practice that occurs across international borders.

Komunikasi internasional (juga disebut sebagai studi komunikasi global atau komunikasi transnasional) adalah praktik komunikasi yang terjadi lintas batas internasional.  Kebutuhan akan komunikasi internasional disebabkan oleh meningkatnya pengaruh dan pengaruh globalisasi. Sebagai bidang studi, komunikasi internasional adalah cabang studi komunikasi, yang berkaitan dengan ruang lingkup interaksi “pemerintah-ke-pemerintah”, “bisnis-ke-bisnis”, dan “orang-ke-orang” di tingkat global. Saat ini, komunikasi internasional sedang diajarkan di perguruan tinggi di seluruh Amerika Serikat. Karena pasar yang semakin mengglobal, karyawan yang memiliki kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif lintas budaya sangat diminati. Komunikasi internasional “mencakup masalah politik, ekonomi, sosial, budaya dan militer”.

Salah satu manifestasi paling jelas dari komunikasi internasional adalah berita dunia, ketika media dari satu negara meliput berita dari luar negeri. Namun, selain dari jurnalisme, komunikasi internasional juga terjadi di bidang lain (budaya, teknologi, ilmu pengetahuan) dan sifat “informasi” yang diedarkan dapat diklasifikasikan dalam berbagai kategori, seperti budaya (musik, film, olahraga , Acara TV dari satu negara ke negara lain), ilmiah (makalah penelitian yang diterbitkan di luar negeri, pertukaran atau kerja sama ilmiah), dan intelijen (laporan diplomasi, spionase internasional, dll.). Terlepas dari alasan untuk komunikasi internasional, penting untuk dipahami bahwa komunikasi internasional tidak terbatas pada bahasa yang digunakan selama komunikasi.

Hamid Mowlana menyatakan empat pendekatan kunci yang saling terkait dengan komunikasi internasional

  1. idealistik-humanistik
  2. proselitisasi
  3. ekonomis
  4. politik

Biasanya studi tentang komunikasi internasional mencakup perhatian yang mendalam terhadap peredaran berita di antara berbagai negara (dan ketidakseimbangan yang dihasilkan, dari mana muncul konsep aliran berita), kekuatan organisasi media (seperti konglomerat dan kantor berita), isu-isu seperti sebagai imperialisme budaya dan imperialisme media, dan peran politik yang dapat dimiliki kerjasama internasional dalam meningkatkan industri media (dan masyarakat secara keseluruhan) di wilayah tertentu, seperti yang diusulkan oleh komunikasi pembangunan atau komunikasi untuk pembangunan.

Pengembangan media dapat dikatakan sebagai media independen yang diciptakan oleh intervensi swasta selama periode transisi melalui intervensi internasional.  Media Baru: Internet dan Komunikasi Nirkabel.

Pengembangan komunikasi internasional : Pada 1980-an dan 1990-an, dengan pembentukan dan pengembangan kabel serat optik, satelit dan Internet, dan proliferasi bertahap mengikis hambatan ruang dan waktu dan meningkatkan kecepatan, dan mengurangi biaya pengiriman berbagai informasi. Tren ini telah mendorong komunikasi internasional ke globalisasi

Komunikasi merupakan proses penyampaian pesan seperti simbol, sinyal, atau gestures dari komunikan (objek komunikasi) kepada komunikator (subjek komunikasi). Komunikasi internasional memiliki pengertian proses penyampaian pesan (bermuatan politik dan ekonomi) dimana yang menjadi komunikan dan komunikator merupakan perwakilan dari masing-masing negara. Komunikasi internasional tidak hanya berbentuk lisan atau tulisan, melainkan dapat juga berbentuk dalam kegiatan seperti forum atau seminar internasional, diplomasi, kunjungan delegasi, dan studi belajar. Pelatihan ini akan memberikan pemahaman mengenai prinsip dalam komunikasi internasional, teknik-teknik dalam komunikasi internasional sehingga komunikasi yang terjalin antar dua Negara dapat mencapai kesepakatan bersama yang saling menguntungkan.

Apa Tujuan Training International Communication ?

  1. Memahami perkembangan komunikasi internasional saat kini
  2. Memahami strategi komunikasi internasional
  3. Mengetahui problematika komunikasi internasional

Apa Materi Pelatihan  International Communication ?

  1. Prinsip komunikasi internasional
  2. Aspek- aspek yang terkait dalam komunikasi internasional
  3. Perkembangan komunikasi internasional
  4. Macam-macam perspektif dalam komunikasi internasional: Perspektif diplomatik, Perspektif jurnalistik,
  5. Perspektif propaganda, Perspektif kulturalistik, Perspektif bisnis
  6. Macam-macam pendekatan komunikasi internasional
  7. Dampak komunikasi internasional terhadap budaya Indonesia
  8. Tips Sukses melakukan komunikasi internasional
  9. Hambatan-hambatan dalam komunikasi internasional
  10. Study kasus dan diskusi

Peserta Pelatihan International Communication

  1. Staff atau Supervisor atau Manager atau level di atasnya dari instansi pemerintah atau swasta yang berhubungan dengan pihak internasional;
  2. Staff Kementrian Luar Negeri
  3. Staff atau Supervisor atau Manager atau level di atasnya dari divisi Public Relations perusahaan-perusahaan asing yang berhubungan denga pihak internasional;
  4. Personal atau Praktisi yang ingin menambah pengetahuan mengenai Komunikasi Internasional.
Jadwal PelatihanLokasi & Investasi
- 2 sd 4 Januari 2019
- 13 sd 15 Februari 2021
- 27 sd 29 Maret 2021
- 17 sd 19 April 2021
- 7 sd 9 Mei 2021
- 12 sd 14 Juni 2021
- 17 sd 19 Juli 2021
- 14 sd 16 Agustus 2021
- 12 sd 14 September 2021
- 16 sd 18 Oktober 2021
- 21 sd 23 November 2021
- 26 sd 28 Desember 2021
- Yogyakarta(6.500.000 IDR / participant)
- Jakarta(6.500.000 IDR / participant)
- Bandung (6.500.000 IDR / participant)
- Bali (7.500.000 IDR / participant)
- Surabaya (6.000.000 IDR / participant)
- Malang (7.000.000 IDR / participant)
- Batam (7.500.000 IDR / participant)
- Lombok(7.500.000 IDR / participant)

Catatan : Jadwal tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan calon peserta

Metode PelatihanFasilitas
- Presentasi
- Diskusi
- Case Study
- Simulation
- Evaluation (Pre and Post Test)
- Kunjungan/Praktek (Menyesuaikan/tentative)
- FREE Airport pickup service (Gratis Antar jemput Hotel/Bandara/Stasiun/Terminal)
- FREE TransporsiPeserta ke tempat pelatihan .
- Module atau Handout
- FREE Flashdisk
- Sertifikat
- FREE Bag or bagpackers (Tas Training)
- Training Kit (Dokumentasi photo, Blocknote, ATK, etc)
- 2x Coffe Break & 1 Lunch, Dinner
- FREE Souvenir Exclusive
- Training room full AC and Multimedia
[table “3” not found /]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *