Pelatihan Kemampuan Negosiasi dalam Pembelian

Pelatihan Kemampuan Negosiasi dalam Pembelian

Pelatihan Kemampuan Negosiasi dalam Pembelian. Aktivitas di setiap perusahaan khususnya pada lini produksi tentu tidak lepas dari proses pengadaan barang dan jasa. Salah satu kunci keberhasilan dalam proses pengadaan barang dan jasa adalah kemampuan negosiasi yang biasanya terjadi pada tahap purchasing. Banyak berasumsi bahwa negosiasi yang baik adalah ketika mencapai harga yang terendah. Hal ini merupakan pemikiran yang salah kaparah. Karena selain pertimbangan harga, masih banyak hal yang harus digali seperti delivery cost, warranty cost, quality cost dll. Negosiator yang baik adalah yang mempertimbangkan total cost ownership (TCO).

Ikuti juga : Pelatihan Effective Selling Skills and Negotiation

Tujuan Training Kemampuan Negosiasi dalam Pembelian

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada peserta bagaimana mencapai kesepakatan yang menguntungkan kedua belah pihak, baik vendor maupun buyer dengan memperhatikan prinsip-prinsip.

Biasanya, tujuan negosiasi adalah untuk mencapai kesepakatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan yang akan menghasilkan saling menguntungkan. Setiap pihak berusaha mencapai kesepakatan yang akan melayani kepentingannya sendiri. Dalam beberapa hal, negosiasi menyerupai permainan catur, di mana pihak yang lebih terampil biasanya akan menang.

Materi Pelatihan Kemampuan Negosiasi dalam Pembelian :

1. Fungsi Bagian Purchasing : Pemilihan, Audit dan Evaluasi, Pemasok

2. Purchasing Management

  • Fungsi pembelian dalam bisnis
  • Tipe-tipe Purchasing
  • Perencanaan Purchasing
  • Langkah – langkah untuk mencapai Purchasing Management

3. Teknik Negosiasi Bagi Industrial Buyer

  • Tipe Gaya Negosiasi
  • Faktor-faktor Penting dalam Menentukan Negosiasi
  • Faktor-faktor yang Melemahkan Posisi Negosiasi
  • Aspect of Power Position

4. Keahlian Negosiasi untuk Mencapai Keuntungan Bersama

  • Langkah I: Kenali lawan anda
  • Langkah II: Kenali hambatan dan peluang
  • Langkah III: Cari alternative
  • Langkah IV: Tentukan aturan main
  • Langkah V: Mencapai kesepakatan

5. Best Practices Dalam Manajemen Pembelian

Peserta Pelatihan Kemampuan Negosiasi dalam Pembelian :

Legal Officer, Curator, Kreditor, atau pihak lain yang tugas-tugasnya berhubungan dengan panitia kepailitan di perusahaan.

Instructor

Ir. Agus Sugeng Wibowo, MT and team

Definition

Negosiasi Pembelian: Definisi, Tujuan dan Teknik! Negosiasi pada dasarnya berkaitan dengan kualitas, tanggal pengiriman, harga dll. Sehingga penyelesaian yang memuaskan tercapai. Dalam hal repeat order, negosiasi harga dapat dilakukan bahkan sebelum menerima kutipan jika ada kenaikan harga.

Negosiasi dalam Pembelian:

Negosiasi mengacu pada pertimbangan perdagangan yang umumnya mengarah pada penurunan harga oleh vendor. Namun, tidak tepat untuk berpikir bahwa penawaran negosiasi mengacu pada tawar menawar untuk harga yang lebih rendah. Dalam arti luas, negosiasi bertujuan untuk mendapatkan nilai maksimum uang yang dihabiskan untuk pembelian. Manajer pembelian harus terampil dan mendapat informasi dengan baik. Keahlian negerinya meningkat dengan setiap pembelian baru.

Mengapa negosiasi penting dalam pengadaan?

Negosiasi dapat diperlukan sebagai hasil dari peran pengadaan dalam menantang persyaratan yang diidentifikasi pengguna. Ini penting karena melalui negosiasi pengadaan profesional dapat memastikan bahwa persyaratannya sehat secara komersial dan menambah nilai

Info lebih lanjut :

[table id=1 /]

[table id = 2 /]

[table id = 3 /]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *